BIAYA & JADWAL KEBERANGKATAN
Situs - Situs Kunjungan
Egypt - Mesir
Israel - Palestina
Yordania
TIPS PERJALANAN ZIARAH
OLEH2 DARI TANAH PERJANJIAN
PENERBANGAN & HOTEL
SYARAT & KETENTUAN
INFORMASI NILAI TUKAR RUPIAH



page hit counter
Gunung Sinai
Beranda Egypt - Mesir Gunung Sinai


Mount Sinai. Gunung Sinai (Ibrani : הר סיני Har Sinai) (Arab : طور سيناء Tur Sina’ atau Jabal Musa جبل موسى), juga dikenal sebagai Gunung Horeb, Gunung Musa, Gabal Musa (Arab Mesir), Jabal Musa (Arab) yang berarti "Gunung Musa", adalah sebuah gunung dekat Saint Catherine di Semenanjung Sinai dari Mesir . Dalam bahasa Arab kata-kata Jabal dan Tur memiliki makna yang sama. Gunung yang menjadi sangat terkenal di mana Alkitab menyatakan bahwa Sepuluh Perintah Allah diberikan kepada Musa oleh Allah untuk menjadi pedoman umat-Nya Israel. Dalam ayat-ayat Alkitab tertentu peristiwa ini terjadi di Gunung Horeb . Horeb maupun Sinai pada dasarnya dianggap merujuk ke satu tempat yang sama.

 Masih ingat 40 tahun pengembaraan Musa dan Israel [Baca: Ul 2:14 dan bandingkan dengan Bil. 10:11] dimana dalam pengembaraannya juga Allah juga menurunkan Manna dari langit dan mendatangkan burung puyuh dari segala penjuru. Disanalah tersebut penjara yang sangat luas dan tandus Sinai. Walau sampai saat ini sebagian besar tempat yang disebutkan dalam Alkitab  Keluaran tidak diketahui dengan jelas tempatnya, namun kita percaya dengan iman bahwa Alllahnya Abraham-Ishak-Yakub yang memimpin bangsa ini keluar dari Mesir dan berkenan menetapkan peraturan bagi umatnya ditempat ini dan melalui Musa utusan-Nya menurunkan 10 Perintah Allah yang disebut sebagai 10 Hukum Taurat [Baca: Keluaran 31: 18].

Kita ketahui juga Musa dan Israel menyeberangi Laut Merah dan setelah melalui perjalanan yang sangat panjang bahkan melalui peperangan, pada bulan ketiga setelah orang Israel keluar dari Mesir tibalah mereka di padang gurun Sinai  lalu berkemahlah mereka disitu di depan gunung itu [Baca: Keluaran 19: 1-2].
 
 Saudaraku, ada banyak sekali versi tentang Lokasi sesungguhnya Gunung Sinai yang diperdebatkan, baik secara tulisan di Koran, majalah maupun internet. Jika Anda mencari dan mencoba menelusuri kebenarannya, kelihatannyapu Anda akan menjadi pusing sendiri, karena berbagai macam alasan akan ada disana, mulai dari alasan-alasan implicit dari pariwisata, atau eksistensi pribadi sampai dengan kepentingan agama. Sesungguhnya bagi kita cukuplah mengimani dan mengamini bahwa Allahnya Abraham Ishak dan Yakub itu setia dan berpegang dengan janji-janji-Nya. Ia memelihara biji mata-Nya dan tidak meninggalkan umatnya. Bagi kita tidaklah terlalu perlu dimana letak sesung